Bersama Lawan Covid-19, Yuk #AmanPakaiMasker

Home / Berita / Bersama Lawan Covid-19, Yuk #AmanPakaiMasker
Bersama Lawan Covid-19, Yuk #AmanPakaiMasker Gerakan bersama media lawan Covid-19 bertagar #AyoPakaiMasker
Fokus Berita

TIMESBANTUL, JAKARTA – Demi mencegah meluasnya penyebaran virus Corona (Covid-19), pemerintah secara resmi mengimbau masyarakat, terutama yang beraktivitas di luar ruangan, untuk selalu mengenakan masker.

Untuk mendukung kebijakan itu, kampanye bersama kembali dilakukan oleh berbagai media nasional.  Kali ini tagar #AmanPakaiMasker digaungkan bersama dengan tagar #MediaLawanCovid19.

Dalam kampanye ini, masyarakat diedukasi untuk melakukan tiga hal terkait masker di tengah wabah Covid-19 yakni Buat. Bagikan. Pakai Maskermu. 

Dengan gerakan ini, masyarakat diimbau menggunakan masker kain buatan sendiri, sesuai petunjuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sementara masker bedah dan N95 hanya untuk tenaga medis yang memerlukan. 

Kampanye bersama ini sejalan dengan imbauan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang menyarankan masyarakat untuk memakai masker kain tiga lapis, saat berada di keramaian atau tempat umum, demi menangkal penularan virus corona. 

TIMES-Indonesia-Masker-Ekoran.png

Masker berfungsi mencegah risiko terkena droplet (tetesan air(, menyentuh wajah ataupun mengurangi risiko penularan COVID-19. Dengan pemasangan tiga lapis kain pada masker, efektivitasnya dalam menangkal paparan virus pun meningkat.

Sebelumnya, pemerintah sudah resmi mengimbau seluruh masyarakat Indonesia harus menggunakan masker ketika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah. Namun, masyarakat disarankan memakai masker kain, ketimbang masker bedah sekali pakai yang diperuntukkan tenaga medis.

"Gunakan masker kain karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit, ketika kita di luar rumah. Masker kain itu harus selalu dicuci setiap kali selesai digunakan di luar rumah. Masker kain digunakan tidak lebih dari 4 jam. Rendam masker kain yang telah dipakai di air sabun, lalu dicuci," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com