Bripka Suranto, Sosok Bhabinkamtibmas Polres Kulon Progo yang Sukses Wujudkan Ketahanan Pangan

Home / Berita / Bripka Suranto, Sosok Bhabinkamtibmas Polres Kulon Progo yang Sukses Wujudkan Ketahanan Pangan
Bripka Suranto, Sosok Bhabinkamtibmas Polres Kulon Progo yang Sukses Wujudkan Ketahanan Pangan Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Girimulyo Polres Kulon Progo, DIY ketika menyerahkan sembako kepada warga. (FOTO: Polres Kulonprogo for TIMES Indonesia)

TIMESBANTUL, KULON PROGO – Sejak wabah pandemi Covid-19 menerpa Indonesia, banyak warga yang gelisah karena khawatir kebutuhan primer terutama makan tak dapat terpenuhi. Nah, untuk mengurangi kegelisahan tersebut, Bripka Suranto seorang anggota BhabinkamtibmasPolsek Girimulyo Polres Kulon Progo, DIY ini berinisiatif mendampingi warga untuk mewujudkan Ketahanan Pangan.

Sebagai anggota Polri, Bripka Suranto merasa terpanggil dan bertanggung jawab atas penghidupan warga ditengah pandemi Covid-19. Apalagi, masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan menoreh tersebut tentu semakin kesulitan mendapatkan pemasukan lantaran hanya mengandalkan dari kebun dan ternak..

Kulon-Progo-3.jpg

“Agar warga punya aktivitas produktif dan bernilai ekonomi. Saya mengajak warga untuk mengolah salak menjadi dodol salak. Sehingga, dodol tersebut dapat dipasarkan ke kota-kota dan dapat disimpan bertahan lama sampai nanti obyek wisata dibuka, memasuki new normal,” kata Bripka Suranto kepada TIMES Indonesia.

Benar saja, dodol salak buatan warga bukit menoreh pun mendapat sambutan positif masyarakat. “Dodol salak akan dikemas dengan baik dan dipasarkan ke Kota Jogja,” terang Suranto.

Kulon-Progo-4.jpg

Selain dodol salak, Suranto juga mendampingi warga membuat makanan ringan berupa keripik pegagan. Biasanya, rumput pegagan ini hanya digunakan sebagai pakan ternak. Ditangan Suranto dan warga bukit menoreh, olahan keripik pegangan terasa lezat dan renyah.

“Ada juga warga yang membuat obat herbal dari bahan jahe, kunyit dan rempah-rempah. Minuman herbal ini sangat cocok untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah sakit dan capek. Tentunya bisa meningkatkan imunitas dan Insya Allah bisa menangkal dari paparan Covid-19,” ungkap Suranto.

Lebih lengkapnya kiprah sosok Bripka Suranto, anggota Bhabinkamtibmas Polres Kulon Progo dalam menyukseskan Ketahanan Pangan dapat disaksikan melalui channel Youtobe TIMES TV Jogja, Instagram @timesyogyakarta dan fanpage @timesjogja. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com